Microsoft
Excel
1.Sejarah
Pada tahun [1982], Microsoft membuat sebuah program spreadsheet
yang disebut dengan [Multiplan], yang sangat populer dalam [sistem
operasi|sistem-sistem] CP/M, tapi tidak
dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3.
Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang
baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan
oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan
apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis
untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar
program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih
berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam
pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah
satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang
andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat
bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft,
dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua
tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office
Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya
adalah Excel for Mac.
Pada awal-awal
peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak
dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang
juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut
dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft
Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini
diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya
menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah
lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk
program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh
program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa
gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang
dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls
sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya
adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki
ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel
sebelumnya.
Excel menawarkan banyak
keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang
mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama
kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data
atau formula dengan
berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.Excel
merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk
mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting:
font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan
penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang
berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana
program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan
data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga
menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik. Ketika pertama kali
dibundel ke dalam Microsoft Office pada
tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang
digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk
mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi
aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel
telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications
(VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di
dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh
pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet.
Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development
environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga
memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu,
Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro,
sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan
pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat
berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM,
meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan
terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek
dalam VBA
Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA
menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat
serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan
membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski
terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan
macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan
macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat
digital yang tepercaya.
2.Pengertian
Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan
perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan
dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen
data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan
administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks.
Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang
meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.
Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft
Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih
mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang
lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang
memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik
atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika
pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat
memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses
penggunaan lebih mudah.
1.1 Cara
memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
- Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
- Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
- Muncul Gambar 1.1
1.2 Mengenal
Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum melakukan pengolahan data pada
Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus mengetahui
elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel

Gambar 1.1 Tampilan
di layar saat Microsoft Office 2007 dijalankan
Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:
1) Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen
aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
2) Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian
Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka
dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3) Akses Cepat
Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft
Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya
menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4) Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar)
yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan
pengoperasian program.
5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik
pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif
jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja
(Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman,
section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan
horizontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen
dengan menggulung layar vertikal dan horisontal.
1.3 Memulai Buat
Dokumen
Pada sub bab ini, kita akan membuat dokumen
sebagai contoh pengelolaan data sederhana. Dari contoh pengelolaan data
sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment,
cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell, dan memanfaatkan
fasilitas Autofill. Berikut contoh pengelolaan data yang pertama seperti
pada Gambar 1.2.

Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit
kerja seperti pada Gambar 6.2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub Judul Laporan
# Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A
dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “Daftar Unit Kerja”
pada Cell aktif tersebut.
# Kemudian ketikkan sub judul laporan
pada Cell A3, A4, A5, D4 dan D5 seperti pada tampilan dibawah ini:

# Buat data tabel pada Laporan dengan
memulai pengetikan pada A7 sampai F7 untuk judul tabel
dan A8, A9, B8, B9, dst untuk data pada tabel.

2. Penggunaan Cell
# Untuk membuat Judul Laporan letaknya
di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1
kemudian select cell
mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell
agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.


# Agar huruf pada judul laporan dan
tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol
Bold
atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline
atau
italic
.



3.Penggunaan
AutoFill
Pada kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat
digunakan Autofill agar lebih cepat dalam memasukkan data yang berulang.
Fasilitas ini diaktifkan ketika kotak hitam kecil yang disebut fill handle
digeser di atas cell-cell baru. Fill handle berada di ujung kanan bawah
cell aktif atau range cell yang dipilih. Ketika menempatkan pointer cell
di atas fill handle, pointer cell berubah menjadi tanda
tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah diaktifkan. Untuk
membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah pointer di atas
cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan tekanan tombol
mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai.

Pada Kolom NO dan KODE, Autofill
digunakan untuk membuat seri number secara terurut sedangkan pada kolom
Nama Unit digunakan untuk mengcopy data yang sama ke beberapa cell secara
cepat. Selanjutnya lengkapi data tabel seperti pada Gambar 1.3.

Gambar
1.3.
4. Penggunaan
format Tabel dan Cell
# Microsoft Excel menyediakan fasilitas
format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna
border, warna cell dan style font dengan klik tombol format table seperti
ini
kemudia akan muncul pilihan style
format tabel seperti berikut ini.


Gambar
1.4
# Kita juga dapat melakukan format tabel
dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang
disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 1.4. menggunakan
format tabel dan cell sendiri dengan cara:
* Untuk membuat border pada tabel, blok
tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell A7 sampai F15, kemudian klik panah pada
tombol
dan pilih All Border seperti pada tampilan
dibawah ini.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar