Senin, 23 Januari 2012
Sejarah MySpace
![]() |
MySpace Logo |
MySpace
merupakan sebuah situs jejaring sosial. Kantor pusatnya bertempat di
Beverly Hills, California, dan berada dalam satu gedung perkantoran
dengan pemilik langsung perusahaan tersebut, News Digital Media,
kepunyaan News Corporation. MySpace menjadi situs jaringan sosial
paling populer di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006. Berdasarkan
comScore, MySpace telah disusul oleh kompetitor internasional utamanya
yaitu Facebook pada bulan April 2008. MySpace mempekerjakan 1000
karyawan pada bulan Juni 2009. Perusahaan tidak mengungkapkan
pendapatan atau keuntungan secara terpisah dari News Corporation.
Moods
Moods
adalah emosikon kecil yang digunakan untuk menggambarkan suasana hati
pengguna MySpace. Fitur ini telah ditambahkan pada MySpace bulan Juli
2007. Pada tahun 2010, fitur moods ini tidak disertakan secara default dalam update status, tapi bisa digunakan di homepage sebagai update yang terpisah.
Fitur Lainnya
Profil dalam MySpace berisi dua standar "blurbs", yaitu bagian "About Me" dan "Who I'd Like to Meet”. Profil juga memuat bagian "Interests" dan "Details". Pada bagian "Details",
status dan daftar zodiak selalu ditampilkan kecuali jika anggota tidak
mengisinya. Profil juga berisi blog dengan aspek standar untuk isi,
emosi, dan media. MySpace juga dapat mengunggah gambar. Salah satu
gambar dapat dipilih untuk menjadi gambar default, yaitu gambar
yang akan terlihat pada halaman utama profil, halaman pencarian, dan
juga sebagai gambar yang akan muncul di samping nama pengguna pada
komentar, pesan, dan lain-lain. Tersedia pula sebuah editor foto oleh
FotoFlexer yang tidak hanya dapat memotong gambar dan mengantur
kontras, tetapi juga dapat mengubah foto menjadi kartun atau memasang
wajah pengguna dalam foto bergambar uang $100. Seperti pada layanan
video MySpace, flash bisa dimuat. Tersedia pula fitur blogging.
Fitur-fitur ini bisa disimpan di profil dengan menggunakan
pengkostumisasi modul atau menggunakan kode HTML/CSS. Foto bisa
ditampilkan di MySpace, tidak dengan link seperti zaman tahun-tahun sebelumnya. Dan foto-foto dapat dibuat menjadi bentuk slide show.
Komentar
Di
bawah daftar teman pengguna MySpace terdapat lahan untuk bagian
komentar, dimana teman-teman pengguna dapat meninggalkan komentar yang
bisa dibaca oleh siapapun yang membuka profil pengguna tersebut.
Pengguna MySpace memiliki pilihan untuk menghapus komentar apapun atau
mengharuskan semua komentar untuk disetujui sebelum posting. Jika
akun pengguna dihapus, setiap komentar dari pengguna yang ada di
profil lain akan dihapus, dan diganti dengan komentar yang menyatakan "This Profile No Longer Exists", artinya profil tersebut tidak ada lagi. Pilihan untuk menggunakan HTML dalam komentar bisa diaktifkan atau dinonaktifkan.
Edit Profil
MySpace
memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan halaman profil pengguna dengan
memasukkan HTML (tetapi tidak JavaScript) ke bagian-bagian seperti "About Me", "I'd Like to Meet", dan "Interests".
Video dan konten berbasis flash bisa dimasukkan dengan cara ini.
Pengguna juga memiliki pilihan untuk menambahkan musik ke halaman profil
mereka melalui MySpace Music, sebuah layanan yang memungkinkan
band-band untuk memasang lagu mereka di MySpace.
Seorang
pengguna juga dapat mengubah penampilan umum halamannya dengan
memasukkan CSS (dalam elemen <style> ... </style>) ke salah
satu bidang untuk menimpa gaya default halaman lembar tersebut menggunakan editor MySpace. Hal ini sering digunakan untuk pemilihan font
dan warna. Ada beberapa situs web independen yang menawarkan fungsi
mendesain tata letak MySpace yang memungkinkan pengguna untuk memilih
dan meninjau seperti apa halaman mereka akan terlihat dengan bantuan
desain tersebut. Pada tahun 2008, MySpace meluncurkan Profile 2.0 baru
sebagai generasi berikutnya dari profil MySpace. Profile 2.0 memiliki
antarmuka yang bersih serta kemampuan untuk menyembunyikan atau
menampilkan modul profil, bersama dengan menyesuaikan posisi modul pada
profil. Susunan tata letak Profile 2.0 dirilis di internet secara
langsung dalam waktu cepat karena penggunaan tata letak MySpace klasik
tidak bekerja dengan Profile 2.0.
Profile
2.0 dikritik karena tidak mempertimbangkan hak ketika mencoba untuk
menambahkan kustom CSS. Untuk menambahkan kustom CSS, tema asli akan
dibuang dan membuat banyak MySpace tweak tidak fungsional dalam tata
letak Profile 2.0. Pada tahun 2010, MySpace meninggalkan tata letak
Profile 1.0 dan menjadikan Profile 2.0 sebagai fitur standar profil.
Keunggulannya adalah antarmuka yang bersih dan banyaknya tema yang
dikemas dengan customizer, juga dengan membuat tema kustom
menggunakan berbagai parameter pengeditan profil. Aplikasi digunakan
untuk dekorasi. Sementara Profile 2.0 adalah standar tata letak, suatu
profil baru mulai diluncurkan sebagai peningkatan mutu yang bersifat
opsional. Profil baru ini diluncurkan untuk mengikuti tren dari
antarmuka profil modern dan memberikan suatu desain yang lebih dewasa
dan sederhana. Profile 3.0 memungkinkan pengguna menggunakan
kustomisasi yang lebih lebih fleksibel dan membangun tema dengan lebih
sederhana, namun tidak jauh berbeda dari antarmuka Profile 2.0.
Musik
Profil
MySpace untuk musisi pada bagian situs web MySpace Music berbeda dari
profil normal, profil ini memungkinkan seniman untuk mengunggah seluruh
diskografi mereka yang terdiri dari lagu-lagu dengan format MP3. Sang
pengunggah harus memiliki hak untuk menggunakan lagu-lagu (misalnya
karya mereka sendiri, izin yang diberikan, dll). Musisi yang tidak
berkontrak dapat menggunakan MySpace untuk mengirim dan menjual
musiknya dengan menggunakan SNOCAP, yang telah terbukti populer di
kalangan pengguna MySpace.
Tak lama setelah MySpace dijual kepada Rupert Murdoch, pemilik berita Fox dan 20th Century Fox, pada 2005 mereka meluncurkan label rekaman mereka sendiri, MySpace Records, dalam upaya untuk menemukan bakat yang tidak diketahui saat ini di MySpace Music. Dari artis yang sudah menjadi terkenal atau masih mencari jalan masuk ke industri, seniman dapat mengunggah lagu mereka ke MySpace dan memiliki akses ke jutaan orang setiap hari. Beberapa penyanyi terkenal seperti Lily Allen dan Sean Kingston memperoleh ketenaran melalui MySpace. Ketersediaan musik pada situs web ini terus berkembang, sebagian besar didorong oleh bakat muda. Lebih dari delapan juta seniman telah ditemukan oleh MySpace dan banyak lagi yang akan terus ditemukan setiap harinya. Pada akhir 2007, MySpace meluncurkan situs The MySpace Transmission, yang memuat serangkaian serial mengenai rekaman langsung di studio oleh seniman terkenal.
MySpace, pada tahun 2008, telah mendesain ulang halaman musik dengan menambahkan fitur baru untuk semua musisi. Fitur-fitur baru ini termasuk kemampuan pengguna untuk membuat playlist, menyerupai fungsi Last.fm dan situs musik sosial, bersama dengan ProjectPlaylist yang populer di profil. Fitur musik yang baru ini juga menampung lagu-lagu dari artis populer, menyerupai layanan dari iTunes dan Napster. Pada bulan Maret 2010, mendengarkan lagu penuh dalam hasil pencarian tidak lagi dilakukan dan telah digantikan oleh sampel 30 detik. MySpace Music juga menyarankan lagu-lagu berdasarkan lagu-lagu yang sedang pengguna dengarkan atau lagu-lagu yang pengguna telah cantumkan dalam daftar putar, menjadikannya sebagai alat pendeteksi musik.
MySpace Music juga memperbaharui fitur playlist dan profil artis, bersama dengan fitur saran musik yang lebih baik, menjadikannya salah satu situs musik yang maju di Web. Situs web ini memiliki grafik yang mirip dengan grafik lagu Billboard dan melacak musik paling populer yang disukai oleh pengguna MySpace dari semua genre. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat musik populer di negara-negara lain di dunia, terutama di Eropa dan negara-negara Asia seperti Cina dan Rusia. Hal ini menyokong dan membantu mempromosikan musik internasional di seluruh dunia, sehingga globalisasi dunia musik tercipta lebih mudah dari sebelumnya. Situs web ini juga memungkinkan pengguna untuk menemukan lagu-lagu dan album baru, untuk mendapatkan ujung tombak musik baru.
Tak lama setelah MySpace dijual kepada Rupert Murdoch, pemilik berita Fox dan 20th Century Fox, pada 2005 mereka meluncurkan label rekaman mereka sendiri, MySpace Records, dalam upaya untuk menemukan bakat yang tidak diketahui saat ini di MySpace Music. Dari artis yang sudah menjadi terkenal atau masih mencari jalan masuk ke industri, seniman dapat mengunggah lagu mereka ke MySpace dan memiliki akses ke jutaan orang setiap hari. Beberapa penyanyi terkenal seperti Lily Allen dan Sean Kingston memperoleh ketenaran melalui MySpace. Ketersediaan musik pada situs web ini terus berkembang, sebagian besar didorong oleh bakat muda. Lebih dari delapan juta seniman telah ditemukan oleh MySpace dan banyak lagi yang akan terus ditemukan setiap harinya. Pada akhir 2007, MySpace meluncurkan situs The MySpace Transmission, yang memuat serangkaian serial mengenai rekaman langsung di studio oleh seniman terkenal.
MySpace, pada tahun 2008, telah mendesain ulang halaman musik dengan menambahkan fitur baru untuk semua musisi. Fitur-fitur baru ini termasuk kemampuan pengguna untuk membuat playlist, menyerupai fungsi Last.fm dan situs musik sosial, bersama dengan ProjectPlaylist yang populer di profil. Fitur musik yang baru ini juga menampung lagu-lagu dari artis populer, menyerupai layanan dari iTunes dan Napster. Pada bulan Maret 2010, mendengarkan lagu penuh dalam hasil pencarian tidak lagi dilakukan dan telah digantikan oleh sampel 30 detik. MySpace Music juga menyarankan lagu-lagu berdasarkan lagu-lagu yang sedang pengguna dengarkan atau lagu-lagu yang pengguna telah cantumkan dalam daftar putar, menjadikannya sebagai alat pendeteksi musik.
MySpace Music juga memperbaharui fitur playlist dan profil artis, bersama dengan fitur saran musik yang lebih baik, menjadikannya salah satu situs musik yang maju di Web. Situs web ini memiliki grafik yang mirip dengan grafik lagu Billboard dan melacak musik paling populer yang disukai oleh pengguna MySpace dari semua genre. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat musik populer di negara-negara lain di dunia, terutama di Eropa dan negara-negara Asia seperti Cina dan Rusia. Hal ini menyokong dan membantu mempromosikan musik internasional di seluruh dunia, sehingga globalisasi dunia musik tercipta lebih mudah dari sebelumnya. Situs web ini juga memungkinkan pengguna untuk menemukan lagu-lagu dan album baru, untuk mendapatkan ujung tombak musik baru.
Kritik
Dave
Itzkoff, dalam Playboy (majalah) Juni 2006, mencoba memaparkan
pengalamannya dengan keanggotaan beliau di MySpace. Dia mengindikasikan
bahwa duplikasi desain sentral MySpace dilakukan untuk menyatukan
orang-orang. Salah satu di antara beberapa kritiknya berkaitan dengan
jarak yang dapat dijangkau internet memberikan keberanian bagi
pengguna, contohnya bagi pengguna wanita yang menampilkan foto dirinya
dengan pakaian minim pada halaman profilnya atau bersikap dan
berperilaku tidak seperti yang akan mereka lakukan dalam kehidupan
nyata.
Itzkoff juga
berpendapat tentang sifat adiktif, bahwa situs ini memakan waktu
penggunanya. MySpace memberikan akses banyak orang kepada kehidupan
anggota, tanpa memberikan waktu yang dibutuhkan untuk mengelola
hubungan tersebut dan bahwa relasi tersebut tidak memiliki kedalaman
hubungan.
Itzkoff mengkritisi permohonan komersial dengan cara yang lebih halus di situs, seperti spanduk web dan link
ke profil dan video klip yang berubah menjadi, misalnya, iklan untuk
keluaran baru 20th Century Fox film. Ia juga mengamati bahwa bagian
musik yang sangat didukung dan diapresiasi oleh MySpace lebih berat
kepada keinginan label perusahaan rekaman, bukan musisi terobosan.
Dalam
kritik yang sehubungan dari seorang yang disebut 'Judas' oleh Itzkoff,
dia mengilustrasikan bahwa saat tujuan “untuk menghubungkan dan
menyatukan orang-orang yang mungkin tidak bergaul dengan satu sama lain
dalam kehidupan nyata” mungkin tampak mulia, MySpace melanggar kontrak
sosial, sehingga ia menilai bahwa MySpace tidak lebih dari situs iseng
belaka.
Hak Musisi
Sampai dengan Juni 2006, ada perhatian dari para musisi, seniman, dan band di MySpace seperti penulis lagu Billy Bragg mengenai fine print
dalam perjanjian pengguna yang berbunyi, "Anda dengan ini memberikan
kepada MySpace.com sebuah lisensi yang berlaku di seluruh dunia (dengan
hak untuk mensublisensikan dengan tingkat sublisensi yang tidak
terbatas) yang bersifat non-eksklusif, dan bebas royalti untuk
menggunakan, menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan,
menampilkan dan menyajikan kepada umum, menyimpan, memperbanyak,
mentransmisikan, dan menyebarluaskan konten tersebut pada dan melalui
Layanan. "
Fine print
ini membawa kekhawatiran tertentu sebagai perjanjian yang dibuat oleh
Murdoch's News Corporation. Billy Bragg membawa masalah ini ke media
dan menarik perhatian pada minggu pertama di bulan Juni 2006. Jeff
Berman, seorang juru bicara MySpace cepat menanggapi isu ini dengan
mengatakan, "Karena kelegalan tersebut telah menimbulkan kebingungan,
kami sedang bekerja merevisinya untuk membuat kejelasan bahwa MySpace
tidak mencari izin untuk melakukan hal-hal berkaitan dengan hasil kerja
seorang seniman selain memungkinkannya untuk dibagikan dengan cara
yang seniman kehendaki.”
Pada
27 Juni 2006, MySpace telah mengubah perjanjian pengguna tersebut
menjadi "MySpace.com tidak mengklaim hak kepemilikan dalam teks, file,
gambar, foto, suara, video dan video karya musik, karya kepengarangan,
ataupun materi lain (secara kolektif, Content) yang Anda posting dengan Layanan MySpace. Setelah posting
konten Anda ke Layanan MySpace, Anda dapat terus mempertahankan semua
hak kepemilikan dalam materi tersebut, dan Anda terus memiliki hak
untuk menggunakan konten Anda dengan cara apapun yang Anda pilih.”
URL www.myspace.com Komersial? Ya Jenis situs Layanan jejaring sosial Pendaftaran Dibutuhkan untuk berbagai fasilitas Bahasa Multibahasa (semula hanya berbahasa Inggris) Pemilik News Corporation Pencipta Thomas Anderson
Christopher DeWolfeDiluncurkan 2003 Peringkat Alexa #5 Status Aktif
Sumber
You might also like:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar